Minggu, 19 Desember 2010

hikmah shalat dhuha

doa dhuha muakkad tradisi hukum. Oleh karena itu, siapa saja yang ingin mendapatkan pahala dan keutamaannya dan jangan berbuat dosa ketika meninggalkan. Namun Nabi selalu bekerja pada doa Duha.
Messenger adalah contoh utama dalam segala hal. Dia tidak akan mewariskan atau untuk memesan sesuatu sebelum bekerja. Demikian pula, doa Duha.
Lakukan doa dhuha kecuali sebagai bentuk ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya, serta sebagai perwujudan rasa syukur dan takwa kepada Tuhan karena ALLAH SWT Kebijaksanaan. Apapun yang diresepkan ibadah yang akan mengandung banyak kebajikan dan kebijaksanaan.Dan di antara kebajikan dan kebijaksanaan doa dhuha adalah sebagai berikut:
1. doa dhuha adalah Sedekah
Nabi berkata,

    
Setiap segmen anggota tubuh Anda di pagi hari, harus dikeluarkan sedekah. Rosario Setiap amal, setiap tahmid sedekah, setiap tahlil sedekah, setiap takbir adalah sedekah, beritahu yang baik adalah sedekah, dan melarang adalah amal. Dan semua yang dapat serupa dengan bekerja pada dua siklus Duha doa.
    
(HR. Muslim, Abu Dhar)

    
Pada manusia ada tiga ratus enam puluh segmen tulang, ia mengeluarkan amal untuk setiap link itu. Para sahabat bertanya, "Siapa yang mampu melakukannya, wahai Nabi Allah?" Nabi berkata, "Dahak yang terkubur di masjid, sebuah rintangan yang Anda menyingkirkan jalan Jika Anda tidak mendapatkan sesuatu yang setara, sudah cukup untuk Anda berdoa Duha dua siklus.."
    
(HR. Abu Daud dan Ahmad dari Abu Buraidah)
2. Duha doa sebagai Investasi Amal Cadangan
Shalat adalah amal yang pertama kali dihitung pada hari kiamat. Doa juga merupakan kunci untuk semua perbuatan baiknya. Sunnah doa-termasuk investasi-Duha doa atau amal yang bisa menyempurnakan backup fardhu shalat (wajib).
Rasulullah saw bersabda,

    
Bahkan para budak pertama dihisab pada perbuatan benar diri pada hari kiamat adalah doa. Jika benar (doa) maka dia telah lulus dan beruntung, dan jika rusak (doa) maka dia akan kecewa dan rugi. Jika ada kekurangan dalam doa-doa wajib, lalu TUHAN berkata, "Dengar, jika saya memiliki shalat sunnah SAYA kemudian lengkap dengan sunahnya doa apa kurangnya perlunya doa Jika urusan selesai doa, kemudian latihan lagi.."
    
(HR. Ash-habus Sunan dari Abu Hurairah RA)
3. Ghanimah (keuntungan) Great
Nabi berkata,

    
Dari Abdullah bin 'Amr bin' Ash, ia berkata, "Rasulullah mengirimkan pasukan perang Kemudian pasukan itu mendapatkan banyak harta rampasan perang dan cepat kembali (dari perang).. Orang-orang (sibuk) membahas penyelesaian yang cepat dari perang, merusak banyak, dan dengan cepat mengembalikan mereka Makam Rasulullah saw. berkata, "Apakah aku akan menunjukkan sesuatu yang lebih cepat menyelesaikan perang, lebih (keuntungan) rampasan, dan kembali cepat (dari meda perang)? (Yaitu) orang yang wudhu dan kemudian ke masjid untuk shalat sunnah melakukan Duha. Dialah yang menyelesaikan perang lebih cepat, lebih (keuntungan) rampasan, dan kembali lebih cepat. "
    
(HR. Ahmad)
4. Hidupnya puas Kebutuhan
Orang yang suka berdoa Duha karena TUHAN, akan dberikan penyediaan waktu luang oleh TUHAN. Nabi Hadis Qudsi menjelaskan daam dari Abu Darda 'bahwa TUHAN mengatakan:

    
Hai anak Adam, rukulah (sholatlah) karena saya pada awal siang (shalat dhuha) emapt rakaat, maka saya akan cukup (kebutuhan) Anda sampai malam.
    
(HR. Tirmidzi)
5. Hadiah Haji dan Umrah
Nabi berkata,

    
Siapapun yang Fajr berdoa berjamaah kemudian duduk berzikir kepada TUHAN sampai matahari terbit kemudian (terus) melakukan shalat dhuha dua rakaat, maka untuk dia sebagai pahala haji dan umrah, sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya.
    
(HR. Tirmidzi)
6. Meskipun banyak seperti yang ia diampuni busa semua di Laut
Nabi berkata,

    
Siapa saja yang menjaga shalat dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun seperti buih banyak di lautan.
    
(HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad)
7. Istana di Surga
TUHAN akan membangun sebuah istana di surga bagi orang-orang yang suka Duha berdoa. Nabi berkata,

    
Siapa pun berdoa dua belas rakaat dhuha, maka TUHAN akan membangun sebuah istana emas di surga.
    
(HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)
Demikian pula beberapa kebaikan dan kebijaksanaan doa Dhuha yang diambil dari hadits. Mungkin motivas bagi kita semua untuk lebih memperhatikan doa dan membiasakan doa dhuha dhuha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar